SELAMAT DATANG di blog BEWARA Sebuah fan site yang didedikasikan buat para bobotoh PERSIB BANDUNG dimanapun berada. Wab ini menampilkan kumpulan berita aktual dan terkini secara lengkap dalam mengikuti derap langkah perjalanan dan perkembangan PERSIB sebagai tim sepak bola terbaik di tanah air.

Cara Ideal Rekrut Tim Maung Bandung


Oleh: Beni Hidayat
Persib Bandung ibenk111Sudah hampir sebulan lebih Kompetisi  Liga Super Indonesia berakhir, dimana Persipura menjadi Juara tahun 2010-2011. Dan sudah hampir 16 tahun (mohon koreksi jika salah) juga Persib tidak merasakan Juara. Patut disayangkan Tim sebesar Persib tidak dapat meraih gelar Juara selama itu, padahal dahulu Persib Bandung adalah Tim yang disegani dan ditakuti oleh tim-tim yang ada di tingkat Nasional, bahkan pada tahun 1995-1996 pernah disegani oleh tim-tim di asia yang mengikuti Liga Champion Asia, hal ini terjadi karena Persib Bandung dapat lolos hingga babak Perempatfinal dengan bermaterikan Pemain-pemain Lokal dan tidak ada satupun pemain asing. Yang lebih mengagumkan lagi adalah terpilihnya Pelatih Persib menjadi salah satu kandidat Pelatih Terbaik Asia.
Dari sedikit ringkasan di atas, saya ingin memberikan masukan untuk kemajuan Persib  di masa yang akan datang. Mencontoh tim-tim besar di Eropa, seperti AC Milan, Real Madrid, Manchester United dll. Untuk membentuk suatu tim yang solid dibutuhkan kejelian dari Staf Pelatih, baik Pelatih Kepala sampai ke Asisten Pelatih untuk memilih Pemain, baik yang akan dibeli dari luar binaan klub sendiri atau menarik dari tim Juniornya. Akan tetapi Staf Pelatih saat ini tidak mempunyai banyak waktu untuk memilih pemain yang menjadi incarannya, karena antara waktu Penunjukan menjadi Pelatih dari Manajemen Klub yang terlalu mepet dengan akan digelarnya Kompetisi, maka jalan pintas yang dipilih, yaitu membeli pemain-pemain yang sudah top di kancah nasional dengan bandrol tinggi padahal belum tentu pemain tersebut cocok dengan gaya bermain Persib. Salah satu hal inilah yang menjadi faktor ketidakberhasilan Persib menjadi Juara.
Untuk mengatasi masalah tersebut, saya menyarankan pihak Manajemen membentuk suatu tim kecil yang terdiri dari para mantan pemain untuk dijadikan Pemandu Bakat atau istilah lainnya adalah scout. Hal ini tentu saja mempermudah bagi Pelatih untuk menentukan Pemain Pilihannya. Berbeda dengan teknis pemilihan pemain pada saat ini adalah Pelatih Kepala yang ditunjuk mencari sendiri pemain dengan cara diadakannya seleksi Pemain pada saat jeda sebelum kompetisi belum bergulir. Dengan adanya scout ini, jeda waktu sebelum kompetisi bukan untuk menyeleksi pemain, tetapi lebih fokus kepada Latihan dan Ujicoba menjelang kompetisi berikutnya berlangsung, serta mematangkan kerjasama baik antara Pelatih dan Pemain, maupun Pemain dengan Pemain. Berikut Tugas dari scout antara lain:
  1. Memantau semua pemain yang mempunyai skill bagus. Pemain yang dipantau sebaiknya pemain yang berlagai di Kompetisi Junior (U-21).
  2. Jika memungkinkan memantau langsung Pemain Asing yang bermain diluar Indonesia yang ditawarkan oleh pihak agen kepada pihak Manajemen. Hal ini dilakukan mencegah Manajemen tidak tertipu dengan agen-agen yang menawarkan pemain. Jika tidak memungkinkan memantau langsung, maka diwajibkan mencari data selengkap mungkin tentang pemain tersebut.
  3. Merekomendasikan pemain-pemain kepada Pelatih Kepala menentukan pemain-pemain mana saja yang akan dikontrak untuk Kompetisi tahun berikutnya.
  4. Merahasiakan pemain yang dipantau kepada pihak manapun (kecuali manajemen dan pelatih), hal ini agar Tim Lain tidak ikut-ikutan memilih pemain yang jadi incaran.
Dengan adanya scout ini, tidak perlu diadakannya Seleksi Pemain lagi, karena menyeleksi pemain tidak cukup hanya dengan melihat beberapa hari atau 1 minggu. Untuk menyeleksi pemain dibutuhkan waktu yang lama. Oleh sebab itu, disinilah fungsi utama dari scout adalah menyeleksi pemain selama satu kompetisi penuh. Untuk pemilihan Scout ini, sebaiknya dipilih oleh Pelatih Kepala, agar mempermudah menyatukan visi dan mengetahui pemain-pemain yang diinginkan oleh Pelatih Kepala. Setelah itu Pelatih Kepala merekomendasikan pemain-pemian pilihannya ke Pihak Manajemen untuk dikontrak. Jika urusan Kontrak sudah selesai, tinggal Pelatih Kepala meracik pemain-pemain pilihanya menjadi  Tim yang Solid.
Sedikit Ilustrasi tentang Perekrutan Pemain dalam bentuk Flow Chart (Klik  gambar untuk memperbesar red.)
Persib Bandung struktur by beni hidayat
Saya rasa dengan kemapaman Manajemen Persib saat ini, sudah waktunya sedikit meniru cara tim-tim besar di Eropa dalam hal perekrutan pemain. Saya optimis dengan cara seperti ini semakin tinggi kualitas pemain yang ada di dalam tim Maung Bandung.
Semoga sedikit masukan dari saya dapat memberikan sumbangsih untuk kemajuan Maung Bandung…
 Penulis adalah Pecinta Persib yang lahir dan besar di Cimahi
Di posting :simamaung.com