SELAMAT DATANG di blog BEWARA Sebuah fan site yang didedikasikan buat para bobotoh PERSIB BANDUNG dimanapun berada. Wab ini menampilkan kumpulan berita aktual dan terkini secara lengkap dalam mengikuti derap langkah perjalanan dan perkembangan PERSIB sebagai tim sepak bola terbaik di tanah air.

Menghadapi Jadwal Padat, Punggawa Persib Perlu Diselamatkan

FOTO: Dino dan Roby kembali besut Maung Bandung
BEWARA – Asisten pelatih Persib Bandung Dino Sefriyanto khawatir bila kompetisi Liga Indonesia yang diikuti 24 tim akan berdampak pada keletihan bagi para pemain. Dengan perkiraan 46 laga dalam satu musim, pemain harus diberikan terapi agar kondisinya terjaga walau dalam setahun lebih menjalani kompetisi.

Dino mengatakan, ada tiga aspek yang perlu diperhatikan agar menjaga kondisi para pemain Persib. Nutrisi dan rotasi tentunya sakral diperlukan. Tapi, agar menghindari menurunnya kondisi penampilan pemain, maka dibutuhkan recovery yang cukup panjang.“Seorang pemain bola melakukan recovery normal dalam waktu 48 jam. Beberapa pemain dengan karakter eksklusif membutuhkan waktu yang lebih lama yakni 72 jam. Kalau pertandingan dalam seminggu dua kali maka pemain tersebut akan kelelahan. Kasihan kalau recovery yang dilakukannya hanya dalam waktu 24 jam,” tutur Dino kepada wartawan.Dalam pertandingan tandang, khususnya, pemain juga harus diperhatikan jika dalam kondisi jetlag. Dengan perhitungan total 46 laga, lanjutnya, diperkirakan pada laga ke-35 para pemain menemukan titik jenuh.“Kompetisi musim depan lebih padat. Kondisi yang tidak ideal memang. Tapi, pemain harus diberikan hidroterapi atau dengan relaksasi sebanyak enam kali dalam sebulan. Selanjutnya, tinggal dilakukan rotasi dan pemberian nutrisi pemain,” jelas mantan pelatih fisik Semen Padang ini.Pemain yang dicontohkan membutuhkan recovery yang cukup lama misalnya gelandang Atep. “Ada beberapa pemain yang harus recovery selama 72 jam,” sambungnya. Dino mencontohkan tim Perspiura Jayapura yang musim lalu sangat memerhatikan kondisi tersebut. “Persipura melakukan recovery yang baik dari pertandingan yang satu ke pertandingan lain. Selain juga melakukan rotasi dan memerhatikan nutrisi pemain,” jelasnya.Saat ini para pemain Persib tidak diragukan lagi soal pemberian nutrisi. “Pemberian nutrisi sudah tidak ada masalah. Mereka diberikan multivitamin yang lengkap. Tinggal mempersiapkan recovery bagi para pemain dalam menghadapi kompetisi yang panjang,” tutupnya.