SELAMAT DATANG di blog BEWARA Sebuah fan site yang didedikasikan buat para bobotoh PERSIB BANDUNG dimanapun berada. Wab ini menampilkan kumpulan berita aktual dan terkini secara lengkap dalam mengikuti derap langkah perjalanan dan perkembangan PERSIB sebagai tim sepak bola terbaik di tanah air.

Stadion Jalak Harupat Sudah Siap Diverifikasi AFC

INILAH.COM, Bandung - Setelah diputuskan tidak lolos verifikasi klub profesional oleh Konfederasi Sepak Bola Asia atau The Asian Football Confederation (AFC), Persib langsung ngebut melengkapi persyaratan untuk mengikuti verifikasi susulan.
Manajemen Persib Bandung pun optimistis, dalam verifikasi kali ini Maung Bandung bisa lolos dan diputuskan berhak mengikuti kompetisi level I di Indonesia. Pasalnya, salah satu faktor yang mengakibatkan Persib gagal sudah dipenuhi, yakni keberadaan stadion yang menjadi home base musim 2011/2012.

Pada musim ini, Persib dipastikan akan menggunakan Stadion si Jalak Harupat, Soreang Kabupaten Bandung dalam menggelar laga kandang.

"Yang menjadi kekurangan hanya persyaratan lapangan, namun saat ini persyaratan itu sudah kita penuhi, dan tidak ada masalah lagi. Kalau masih tidak lolos berarti keterlaluan. Lapangan sudah tidak ada masalah. Tunggu saja hasil verifikasinya," ujar Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar, beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Persib dinyatakan tidak lolos verifikasi. Maung Bandung hanya mengantongi 91,7 poin. Sedangkan klub yang dinyatakan lolos yakni Persibo Bojonegoro (95,6 poin), Persik Kediri (95,6 poin), PSIS Semarang 992,3 poin), Persikota Tangerang (96 poin), Persis Solo (96,7 poin), dan Persebaya Surabaya (95,7 poin).

Rombongan AFC sendiri dijadwalkan melakukan inspeksi ke Stadion si Jalak Harupat, Soreang Kabupaten Bandung, Selasa (11/10/2011) sebagai bagian dari verifikasi klub profesional.

Selain soal stadion, faktor lain yang membuat Persib tidak lolos verifikasi AFC, yakni soal audit keuangan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) yang menaungi tim Persib.

Selengkapnya, AFC akan meneliti berbagai dokumen persyaratan verifikasi klub profesional.

Dokumen yang harus disiapkan Persib:
1. Kontrak pemain profesional
2. Badan hukum yang disahkan Menkumham
3. Program pengembangan pemain muda
4. Staf kepelatihan (CV beserta sertifikatnya)
5. Fasilitas stadion
6. Surat jaminan penggunaan stadion dari pemilik/pengelola stadion
7. Aktifitas klub yang berkontribusi terhadap lingkungan sekitar
8. Laporan keuangan internal dan eksternal-profit and loss statement
9. Diagram struktur klub, yakni manajemen/daftar pemilik dan departemen/karyawan, finance officer, legal officer, security officer & local media officer (Panpel).
10. Daftar harga tiket pertandingan.
11. Sistem perhitungan jumlah penonton.

Dokumen business plan klub
1. Visi, misi, target
2. Riset pemasaran, analisis and strategi
3. Rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang
4. Program dan strategi untuk menggapai rencana tersebut (poin 3)
5. Produk dan kegiatan
6. Organisasasi dan sumberdaya manusia
7. Fasilitas manajemen dan pengoperasian
8. Budget and proyeksi keuangan.[den]